• logo nu online
Home Nasional Banten Raya Warta Keislaman Tokoh Khutbah Sejarah Opini Pesantren NU Preneur Ramadhan 2023
Rabu, 15 Mei 2024

Keislaman

Hukum Membaca Shalawat saat Khatib Menyebutkan Nama Rasulullah

Hukum Membaca Shalawat saat Khatib Menyebutkan Nama Rasulullah
Ilustrasi khatib. (NUO)
Ilustrasi khatib. (NUO)

BANYAK sekali hadits yang menjelaskan keutamaan membaca shalawat kepada Nabi Muhammad SAW. Di antaranya:

 


        مَنْ صَلَّى عَلَيَّ فِي كِتَابٍ لَمْ تَزَلِ الْمَلَائِكَةُ تَسْنَغْفِرُ لَهُ مَا دَامَ اسْمِي فِي ذَلِكَ الْكِتَابِ

 


’’Barangsiapa berdoa (menulis) shalawat kepadaku dalam sebuah buku maka para malaikat selalu memohonkan ampun kepada Allah pada orang itu selama namaku masih tertulis dalam buku itu.’’

 


         مَنْ سَرَّهُ أنْ يُلْقِى اللهَ وَهُوَ عَلَيْهِ رَاضٍ فَلْيُكْثِرْ مِنَ الصَّلَاةِ عَلَيَّ

 


’’Barangsiapa yang ingin merasa bahagia ketika berjumpa dengan Allah dan Allah ridla kepadanya, maka hendaknya ia banyak membaca shalawat kepadaku (Nabi).’’

 



         مَا أكْثَرَ مِنَ الصَّلَاةِ عَلَيَّ فِيْ حَيَاتِهِ أَمَرَ اللهُ جَمِيْعَ مَخْلُوْقَاتِهِ أنْ يَسْتَغْقِرُوا لَهُ بَعْدَ مَوْتِهِ



’’Barangsipa membaca shalawat kepadaku di waktu hidupnya, maka Allah memerintahkan semua makhluk-Nya memohonkan maaf kepadanya setelah wafatnya.’’        

 


مَا اجْتَمَعَ قَوْمٌ ثُمَّ تَقًرَّقُوْا مِنْ غَيْرِ ذِكْرِ اللهِ وَصَلَاةٍ عَلَى النَّبِيِّ إلَّا قَامُوْا عَنْ أنْتَنَ مِنْ حِيْفَةٍ

 


’’Mereka yang berkumpul (di suatu majlis) lalu berpisah dengan tanpa dzikir kepada Allah dan membaca shalawat kepada Nabi, maka mereka seperti membawa sesuatu yang lebih buruk dari bangkai.’’

 


Para ulama sepakat (ittifaq) diperbolehkannya menambahkan lafadz 'sayyidina' yang artinya tuan kita, sebelum lafadz Muhammad.

 


Pembaca NUOB yang dimuliakan Allah. Selanjutnya, disajikan pertanyaan, apakah hukumnya menyerukan taraddli (membaca radliyallahu ‘anhu) atau membaca shalawat dengan suara keras sewaktu khatib menyebutkan nama-nama sahabat atau nama Rasulullah?

 


Muktamar Nahdlatul Ulama pertama di Surabaya, Jawa Timur, yang dilaksanakan 13 Rabius Tsani 1345/21 Oktober 1926, seperti dikutip dari Juz Awal Ahkamul Fuqaha fi Muqarrarat Mu’tamirat Nahdlatil Ulama, Kumpulan Masalah Diniyah dalam Muktamar Nahdlatul Ulama PBNU, Penerbit CV Toha Putra Semarang, menjawab sebagai berikut:


Membaca shalawat sewaktu khatib menyebutkan nama Rasulullah dengan suara keras itu hukumnya sunnah, asalkan tidak keterlaluan. Demikian pula membaca taraddli, asalkan tidak keras. Apabila keterlaluan membaca shalawat, maka hukumnya makruh, asalkan tidak menimbulkan tasywisy. Jika sampai menimbulkan tasywisy, maka hukumnya haram.

Rujukan: Kitab I’anatut Thalibin Bab Sunnatul Khutbah


تسن قراءة الصلوات عند ذكر الخطيب اسمه صلى الله عليه وسلم برفع الصوت من غير مبالغة وكذا الترضى بغير رفع. اما المبالغة بها فيكره حيث لم يشوش، وان شوش فيحرم. قال فى اعانة الطالبين فى باب سنن الخطبة ويسن تسمية العاطس والرد عليه ورفع الصوت من غير مبالغة بالصلاة والسلام عليه صلى الله عليه وسلم عند ذكر الخطيب اسمه او وصفه صلى الله عليه وسلم (قوله ورفع الصوت) اى ويسن رفع الصوت حال الخطبة (قوله من غير مبالغة اما معها فيكره)قال شيخنا ولا يبعد ندب الترضى عن الصحابة بلا رفع صوت اى ترضى السامعين عنهم عند ذكر الخطيب اسماءهم.اما رفع الصوت فلا يندب لان فيه تشويشا اه.

Wallahu a’lamu bisshawab


Keislaman Terbaru