• logo nu online
Home Nasional Banten Raya Warta Keislaman Tokoh Khutbah Sejarah Opini Pesantren NU Preneur Ramadhan 2023
Sabtu, 11 Mei 2024

Keislaman

Hukum Mengubah Bacaan Dzikir-Maulid, Panjang Dipendekkan atau Sebaliknya

Hukum Mengubah Bacaan Dzikir-Maulid, Panjang Dipendekkan atau Sebaliknya
Ilustrasi (NUO)
Ilustrasi (NUO)

DZIKIR dan doa ada yang melaksanakan sendiri-sendiri, ada yang bersama-sama. Dzikir dan doa bersama memiliki beberapa dasar yang salah satunya Hadits Nabi Muhammad yang diriwayatkan oleh Ath-Thabarani dan Al-Hakim sebagai berikut :

 

عَنْ حَبِيْبِ بْنِ مَسْلَمَةَ الْفِهْرِيِّ وَكَانَ مُجَابَ الدَّعْوَةِ رضي الله عنه قَالَ: سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللهِ صلى الله عليه وسلم يَقُوْلُ: لاَ يَجْتَمِعُ قَوْمٌ مُسْلِمُوْنَ يَدْعُوْ بَعْضُهُمْ وَيُؤَمِّنُ بَعْضُهُمْ إِلاَّ اسْتَجَابَ اللهُ دُعَاءَهُمْ. رواه الطبراني في الكبير و الحاكم في المستدرك

 

Artinya,’’Dari Habib bin Maslamah al-Fihri RA –beliau seorang yang dikabulkan doanya-, berkata: “Saya mendengar Rasulullah SAW bersabda: “Tidak lah berkumpul suatu kaum Muslimin, lalu sebagian mereka berdoa, dan sebagian lainnya mengucapkan amin, kecuali Allah pasti mengabulkan doa mereka.” (HR al-Thabarani dalam al-Mu’jam al-Kabir, dan al-Hakim dalam al-Mustadrak)


Jika ada pertanyaan, bagaimana hukumnya bacaan yang diubah dari ketentuannya. Seperti memperpendek yang panjang atau memperpanjang yang pendek dalam bacaan Maulid atau dzikir pada saat dilagukan?

 


Muktamar Nahdlatul Ulama ke-5 di Pekalongan, Jawa Tengah, yang dilaksanakan 13 Rabius Tsani 1348/7 September 1930, seperti dikutip dari Juz Awal Ahkamul Fuqaha fi Muqarrarat Mu’tamirat Nahdlatil Ulama, Kumpulan Masalah Diniyah dalam Muktamar Nahdlatul Ulama PBNU, Penerbit CV Toha Putra Semarang, menjawab sebagai berikut:

 


Apabila yang diubah itu bukan Al-Qur’an atau hadits atau nama-nama yang dimuliakan menurut agama, maka hukumnya tidak mengapa (tidak dosa).

Rujukan: Kitab Syarah Ihya Juz VI dan Kitab al-Hadiqatun Nadiyyah


اذا كانت المحرفة غير القرآن والحديث والاسماء المعظمة التوفيقية فلا بأس به وفى الجزء السادس من شرح الاحياء فى باب السماع مانصه: (وانما اختلاف تلك الطرق بمد المقصور وقصر الممدود والوقف فى اثناء الكلمات والقطع والوصل فى بعضها وهذاالتصرف جائزفى الشعر) بالاتفاق(ولا يجوز فى القرآن الاالتلاوة كما انزل) وتلقفه الخلق عن السلف فتصرفه ومده والوقف والوصل والقطع فيه على خلاف ماتقتضيه التلاوة والتجويد (حرام او مكروه) ومثله ما فى الحديقة الندية اه.  

 

Wallahu a’lam bis shawab


Keislaman Terbaru