• logo nu online
Home Nasional Banten Raya Warta Keislaman Tokoh Khutbah Sejarah Opini Pesantren NU Preneur Ramadhan 2023
Senin, 17 Juni 2024

Nasional

Ini Pesan dari Apel Siaga Bencana dan Jambore Relawan LPBINU

Ini Pesan dari Apel Siaga Bencana dan Jambore Relawan LPBINU
Penutupan Apel Siaga Bencana dan Jambore Relawan LPBI Nahdlatul Ulama di Titik Nol Citarum, Situ Cisanti, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Sabtu (25/5/2024). (Foto: NUOB/A Tsalis)
Penutupan Apel Siaga Bencana dan Jambore Relawan LPBI Nahdlatul Ulama di Titik Nol Citarum, Situ Cisanti, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Sabtu (25/5/2024). (Foto: NUOB/A Tsalis)

Bandung,  NU Online Banten

Apel Siaga Bencana dan Jambore Relawan Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim (LPBI) Nahdlatul Ulama (NU) di Titik Nol Citarum, Situ Cisanti, Tarumajaya, Kertasari, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, resmi ditutup Sabtu (25/5/2024). Kegiatan yang dilaksanakan selama tiga hari, sejak Kamis (23/5/2024), ditutup oleh Ketua LPBI Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Ace Hasan Syadzily.



Dalam sambutannya, wakil ketua Komisi VIII Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) itu, mengatakan, keterampilan yang sudah didapatkan oleh peserta merupakan ilmu. Ilmu tersebut bisa dimanfaatkan dengan eksistensi NU di tengah-tengah masyarakat, terutama terkait tanggap bencana.’’Relawan LPBI harus bisa aktif dalam kerelawanan untuk bisa membantu sesama.

Jangan berhenti di jambore ini saja. Mari kita laksanakan dari diri kita sendiri sebagai khalifah fil ardl, sehingga bisa menjadi manusia rahmatan lil alamin,’’ ujarnya.



Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Partai Golkar Jawa Barat itu juga berpesan agar semua memiliki tanggung jawab untuk menjaga alam yang telah diberikan oleh Allah swt. ’’Mari kita jaga lingkungan, pohon, dan tanah. Tidak hanya untuk kepentingan kita sendiri, tetapi juga sebagai investasi untuk generasi yang akan datang,’’ imbuhnya.



Usai penutupan, mars Yaa Lal Wathan dinyayikan untuk memberikan semangat kepada para peserta sebelum pulang. Kegiatan bertema Merawat Jagat dan Membangun Peradaban itu diakhiri dengan saling bersalaman dan foto bersama. Rencananya kegiatan serupa akan dilanjutkan di Jogjakarta pada Agustus dan di Lampung pada November 2024.


Seperti diberitakan sebelumnya, Ketua LPBI Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Banten Sehabudin merespons positif digelarnya Apel Siaga Bencana dan Jambore Relawan LPBI Nahdlatul Ulama (NU) tersebut.’’LPBI PWNU Banten mengirimkan 11 relawan,’’ ujar Kang Sehab—sapaan akrab Sehabudin—ketika dihubungi NUOB, Kamis (23/5/2024) malam.



Kegiatan yang berlangsung tiga hari diikuti oleh ratusan orang, termasuk di antaranya dari Lebak, Pandeglang, Serang, serta wilayah DKI Jakarta. Dalam kesempatan tersebut digelar Apel Siaga Bencana yang dipimpin oleh Ketua LPBI PBNU Ace Hasan Syadzily. Selain itu, pembagian biji tanaman kopi sebanyak 1.500 kepada 3 tiga kepala desa setempat seklaigus mengakhiri apel.



Juga ada workshop. Di antaranya workshop penguatan ketangguhan masyarakat dalam menghadapi bencana dan perubahan iklim, simulasi pencarian dan pertolongan (rescue) dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), serta simulasi penanganan darurat bencana. (CK1-Ts)


Nasional Terbaru