• logo nu online
Home Nasional Banten Raya Warta Keislaman Tokoh Khutbah Sejarah Opini Pesantren NU Preneur Ramadhan 2023
Jumat, 1 Maret 2024

Nasional

Oleh-Oleh dari Ziarah Mbah Kholil Bangkalan

Oleh-Oleh dari Ziarah Mbah Kholil Bangkalan
Sebagian rombongan dari PCNU Tangsel berfoto bersama Lora Said Mubarak (peci putih). (Foto: NU Online Banten/Moh Syaiful Anam)
Sebagian rombongan dari PCNU Tangsel berfoto bersama Lora Said Mubarak (peci putih). (Foto: NU Online Banten/Moh Syaiful Anam)

Tangerang Selatan, NU Online Banten
Rombongan Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Tangerang Selatan yang ikut Puncak Resepsi Hari Lahir (Harlah) 1 Abad NU di Stadion Delta Sidoarjo, Jawa Timur, 16 Rajab 1444/7 Februari 2023, memang sekalian berziarah ke sejumlah makam wali, ulama, dan pendiri NU. 


Baik sebelum acara puncak maupun setelahnya. Salah satunya ke makam Syaikhona Kholil di Bangkalan, Madura, Jawa Timur. Senin (6/2/2023) sekitar pukul 06.55 WIB, rombongan yang dipimpin oleh Ketua PCNU Tangsel H Abdullah Mas’ud, tiba di parkir kendaraan  yang tak jauh dari Masjid Kiai Kholil, tempat dimakamkan pendiri NU tersebut.


Setelah berziarah ke salah satu guru Hadratusyekh KH Hasyim Asy’ari  itu, sebagian rombongan tak bergegas menuju bus. Tapi menemui keturunan Syaikhona Kholil, Lora Said Mubarok, untuk minta ijazah. Generasi kelima dari Mbah Kholil itu memberi ijazah ratib Syaikhona Kholil. ’’Ini diamalkan  oleh Syaikhona Kholil,’’ ujar Lora Said yang mengenakan peci putih sembari duduk bersila dikelilingi sebagian rombongan.


''Ratib ini, lanjutnya, adalah amalan yang juga menjadi ratiban Tim Turots, tim pencari jejak,’’ imbuhnya. Ratib tersebut juga diamalkan oleh keluarga besar Bani Syaikhona Kholil dan dibaca setiap malam Kamis Kliwon


’’Fadlilah ratib tersebut sangatlah banyak, karena di dalamnya banyak berisi shalawat Nabi. Istiqomah membacanya setiap malam Kamis Kliwon dan niatkan mencari ridha Allah,’’ pungkas pria yang punya jalur Mbah Kholil dari arah ibunya sedangkan ayahnya dari Pasuruan itu.


Pewarta: Moh Syaiful Anam


Nasional Terbaru