• logo nu online
Home Nasional Banten Raya Warta Keislaman Tokoh Khutbah Sejarah Opini Pesantren NU Preneur Ramadhan 2023
Sabtu, 20 April 2024

Nasional

Tidak Hanya Khidmat NU, Saatnya Khidmat Semesta

Tidak Hanya Khidmat NU, Saatnya Khidmat Semesta
Ketua PWNU Banten Bunyamin Hafidz setelah mengalungkan syal khas Baduy kepada Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf. (Foto: NUOB/M Izzul Mutho)
Ketua PWNU Banten Bunyamin Hafidz setelah mengalungkan syal khas Baduy kepada Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf. (Foto: NUOB/M Izzul Mutho)

Kota Serang, NU Online Banten

Ketua Umum (Ketum) Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Yahya Cholil Staquf bersyukur dan bangga karena telah memilih orang tepat di jajaran PBNU, sehingga agenda-agenda besar berjalan dengan baik. Termasuk Gerakan Keluarga Maslahat Nahdlatul Ulama (GKMNU).’’Harus membangun agenda transformasi NU dengan kapasitas yang bisa diandalkan menyongsong masa depan,’’ tegasnya saat sosialisasi GKMNU di Horison Training Center Universitas Pendidikan Indonesia Serang, Kota Serang, Banten, Rabu (29/11/2023) siang.

 

 

Menurutnya, kini saatnya khidmat semesta, tidak hanya khidmat NU. ’’Masyarakat melihat NU, menyediakan layanan untuk semua seperti ketika Covid-19 lalu, banyak yang datang ke PBNU untuk mendapatkan vaksinasi,’’ imbuhnya.



Oleh karena itu, lanjutnya, bagaimana NU memberi saluran. Dari Kementerian Agama (Kemenag) salah satunya dengan adanya kegiatan pelibatan masyarakat dalam program ketahanan keluarga.’’Yang kita butuhkan tenaga yg mau bergerak sampai tingkat ranting. Makanya kita bikin Satgas (Satuan Tugas) GKMNU. Kejar kemapanan sampai titik tidak mau balik. Mengajak semua untuk ikut bekerja bersama kami, mendampingi umat memenangi masa depan. Tentunya butuh pertolongan Allah agar semua ini terwujud,’’ pungkasnya.

 


Sementera itu, Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Banten Bunyamin Hafidz mengaku senang dengan kehadiran Ketua Umum (Ketum) PBNU KH Yahya Cholil Staquf di Banten. Bahkan sebelum berkegiatan di Horison Training Center Universitas Pendidikan Indonesia Serang, berkenan ke Gedung PWNU Banten. ’’Apa yang ada di Gedung PWNU, ketum tahu. Misalnya BLK (Balai Latihan Kerja), kampus yang sedang dibangun, dan lainnya,’’ ujarnya kepada NU Online Banten.



Terkait GKMNU, PWNU Banten bersama-sama sinergi dengan satuan tugas (satgas) yang dinakhodai Ketua PW Ansor Banten Ahmad Nuri. ’’Bersama-sama siap melaksanakan titah dari PBNU, melaksanakan dari tingkat provinsi hingga ke bawah,’’ tegasnya, terpisah.



Untuk Banten, lanjutnya, nama-nama Satgas GKMNU tingkat provinsi sudah selesai.’’Tinggal di-SK-kan,’’ imbuh Kiai Bunyamin yang mengalungkan syal khas Baduy kepada Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf saat tiba di Horison Training Center Universitas Pendidikan Indonesia Serang sebelum masuk ke ruang acara.



Sekadar diketahui, PBNU melalui Satuan Tugas Nasional GKMNU menggelar sosialisasi GKMNU dan arahan pembentukan satuan tugas GKMNU provinsi dan satuan tugas GKMNU kabupaten/kota di Horison Training Center Universitas Pendidikan Indonesia Serang, Kota Serang, Banten. Kegiatan yang berlangsung dua hari itu dimulai Rabu (29/11/2023) siang.

 


Selain Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf, hadir dalam kesempatan tersebut, Wakil Ketua Umum PBNU Amin Said Husni, Ketua PBNU sekaligus Wakil Ketua GKMNU Alissa Qotrunnada Munawaroh Wahid, Rais Syuriyah Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Banten KH Abdul Hakim, Sekretaris PWNU Banten KH Amasy Tajudin, dan sejumlah jajaran PWNU Banten lainnya. Juga Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) di Banten. Di antara yang terlihat, Ketua PCNU Tangerang Selatan H Abdull Mas’ud dan Ketua PCNU Kabupaten Serang H Muhammad Robi UZT.

 


Selain Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kemenag Kamaruddin Amin, ada Kepala Kanwil Kemenag Banten Nanang Fatchurrochman beserta jajarannya dan pejabat Kemenag kota/kabupaten di Banten, termasuk kepala KUA.



Tampak juga Ketua PW GP Ansor Banten Ahmad Nuri beserta jajarannya dan pengurus PC Ansor di Banten. Unsur lainya adalah Muslimat NU, Fatayat NU, Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU), Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU), Lembaga Kemaslahatan Keluarga Nahdlatul Ulama (LKKNU), dan tamu undangan lainnya. (M Izzul Mutho)


Nasional Terbaru