• logo nu online
Home Nasional Banten Raya Warta Keislaman Tokoh Khutbah Sejarah Opini Pesantren NU Preneur Ramadhan 2023
Sabtu, 20 April 2024

Banten Raya

Gerakan Keluarga Maslahat NU, Harus Dikawal dan Sama-Sama Bergerak

Gerakan Keluarga Maslahat NU, Harus Dikawal dan Sama-Sama Bergerak
Ketua PBNU sekaligus Wakil Ketua GKMNU Alissa Qotrunnada Munawaroh Wahid (kiri depan). (Foto: NUOB/Dendi R)
Ketua PBNU sekaligus Wakil Ketua GKMNU Alissa Qotrunnada Munawaroh Wahid (kiri depan). (Foto: NUOB/Dendi R)

Kota Serang, NU Online Banten

Wakil Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Amin Said Husni mengatakan, Gerakan Keluarga Maslahat Nahdlatul Ulama (GKMNU) merupakan program sinergi dengan Kementrian Agama (Kemenag).’’Ini merupakan program strategis nasional yang harus sama-sama dikawal dan sama-sama bergerak supaya penyalurannya bisa tersampaikan secara tepat sasaran kepada masyarakat,’’ ujarnya saat dialog pelibatan masyarakat dalam program ketahanan keluarga yang merupakan bagian dari sosialisasi GKMNU di Horison Training Center Universitas Pendidikan Indonesia Serang, Kota Serang, Banten, Rabu (29/11/2023) siang.



Menurutnya, semua dilibatkan dari struktur pusat sampai di ranting NU, dengan tugas yang berbeda-beda. ’’Maka perlu dibentuk satuan tugas untuk program ini. Struktur yang dibentuk melibatkan PWNU (Pengurus Wilayah NU), PCNU (Pengurus Cabang NU), Ansor, Fatayat, Muslimat, IPNU Ikatan Pelajar NU), IPPNU (Ikatan Pelajar Putri NU), LKKNU (Lembaga Kemaslahatan Keluarga Nahdlatul Ulama), dan lain-lain,’’ ungkapnya. Dia juga menegaskan bahwa NU sudah dari dulu terjun ke masyarakat. ’’Ngurusin perkara-perkara umat istilahnya ngopeni umat,’’ imbuhnya.

 


Sedangkan pembicara lainnya, Ketua PBNU sekaligus Wakil Ketua GKMNU Alissa Qotrunnada Munawaroh Wahid menjelaskan, program ketahanan keluarga bertujuan besar untuk keberlangsungan masa depan masyarakat Indonesia menuju Indonesia emas 2045. ’’Banyak problematika masyarakat seperti ekonomi, stunting (tengkes), perceraian, dan pernikahan dini. Maka diadakannya program ini, dari pemerintah melalui Kementrian Agama bekerja sama dengan PBNU untuk meminimalisasi beberapa problematika masyarakat tadi,’’ terangnya.

 


Sekadar diketahui, PBNU melalui Satuan Tugas Nasional GKMNU menggelar sosialisasi GKMNU dan arahan pembentukan satuan tugas GKMNU provinsi dan satuan tugas GKMNU kabupaten/kota di Horison Training Center Universitas Pendidikan Indonesia Serang, Kota Serang, Banten. Kegiatan yang berlangsung dua hari itu dimulai Rabu (29/11/2023) siang.

 


Selain Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf, hadir dalam kesempatan tersebut, Wakil Ketua Umum PBNU Amin Said Husni, Ketua PBNU sekaligus Wakil Ketua GKMNU Alissa Qotrunnada Munawaroh Wahid, Rais Syuriyah Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Banten KH Abdul Hakim, Sekretaris PWNU Banten KH Amasy Tajudin, dan sejumlah jajaran PWNU Banten lainnya. Juga Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) di Banten. Di antara yang terlihat, Ketua PCNU Tangerang Selatan H Abdull Mas’ud dan Ketua PCNU Kabupaten Serang H Muhammad Robi UZT.

 


Selain Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kemenag Kamaruddin Amin, ada Kepala Kanwil Kemenag Banten Nanang Fatchurrochman beserta jajarannya dan pejabat Kemenag kota/kabupaten di Banten, termasuk kepala KUA.



Tampak juga Ketua PW GP Ansor Banten Ahmad Nuri beserta jajarannya dan pengurus PC Ansor di Banten. Unsur lainya adalah Muslimat NU, Fatayat NU, Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU), Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU), Lembaga Kemaslahatan Keluarga Nahdlatul Ulama (LKKNU), dan tamu undangan lainnya. (C1-KAS)


Banten Raya Terbaru