• logo nu online
Home Nasional Banten Raya Warta Keislaman Tokoh Khutbah Sejarah Opini Pesantren NU Preneur Ramadhan 2023
Sabtu, 20 April 2024

Banten Raya

Ngaji di Buaran sambil Donasi untuk Graha Aswaja NU

Ngaji di Buaran sambil Donasi untuk Graha Aswaja NU
Pembukaan kotak donasi di majelis taklim yang diasuh KH M Nurul Irfan, untuk Graha Aswaja NU Tangsel (Foto: Tangkapan Layar Youtube KH M Nurul Irfan)
Pembukaan kotak donasi di majelis taklim yang diasuh KH M Nurul Irfan, untuk Graha Aswaja NU Tangsel (Foto: Tangkapan Layar Youtube KH M Nurul Irfan)

Tangerang Selatan, NU Online Banten

Istiqomah mengajar ngaji. Itulah di antara aktivitas Rais Syuriyah Pengurus Ranting Buaran, Serpong, Tangerang Selatan, KH M Nurul Irfan. Aktivitas lain doktor yang giat mengunggah konten ke Youtube itu adalah mengajar di UIN Syarif Hidayatullah.’’Setiap Sabtu habis Shubuh, ngaji di rumah. Sejak 2006. Rumah ini juga jadi Kantor PRNU Buaran,’’ ujarnya dihubungi NU Online Banten, Sabtu (7/1/2023).

Dia merasa bersyukur dapat berkhidmat di NU. Meski level ranting. ’’Yang penting NU, gandulan NU. Di mana pun, tidak masalah di ranting,’’ tegasnya. Yang menarik, saat Pengurus Cabang (PC) NU Tangerang Selatan membuka donasi wakaf Gedung Graha Aswaja NU, Kiai Irfan yang selalu tampak energik itu, menyiapkan kotak kencelengan atau celengan di Majelis Taklim Nur Khozin yang diasuhnya.

’’Mulai dua setengah bulan lalu. Dua kali dibuka. Ini yang donasi ya yang ngaji di sini. Semua yang ngaji ke sini apa NU semua atau tidak, saya tidak tahu pasti, yang jelas dari mereka, donasi ini terkumpul. Diputar setiap Sabtu celengannya saat ngaji. Dibuka sebulan sekali atau sebulan lebih lima hari. Tapi tidak wajib memasukkan uang ke kotak. Kalau wajib, nanti malah nggak ngaji kan repot,’’ ungkap pria yang juga sebagai pengurus Majelis Ulama Indonesia (MUI) pusat.

Sebelumnya, secara terpisah, Ketua PCNU Kota Tangerang Selatan H Abdullah Mas’ud mengapresiasi harakah yang dilakukan PRNU Buaran, Serpong, berupa gerakan wakaf uang untuk Graha Aswaja. ’’Semoga uang yang diwakafkan oleh warga Nadhliyin dan masyarakat yang ada di lingkungan PRNU Buaran, Serpong bermanfaat dan dibalas dengan pahala yang berlimpah,’’ katanya berdoa.

Sekadar diketahui, Aris dari PRNU Buaran menyebut, dana wakaf yang terkumpul dari pengajian rutin di Kiai Irfan disetor ke PCNU Tangerang Selatan. “Alhamdulillah pada bulan pertama, hasil dana wakaf yang terhimpun dari warga sebesar Rp1.114.000, disetor Sabtu (12/11/2022) dan bulan kedua terhimpun dana dan disetor sebesar Rp1.713.000,’’ terangnya.

Warga NU dan masyarakat khususnya di Tangerang Selatan yang ingin berpartisipasi bisa ikut dalam gerakan donasi Rp10 ribu setiap Jumat, melalui nomor rekening tujuan 2007103119265 (Rekening BTN Syariah An. PCNU Tangsel CQ Pembangunan) atau 4518000076768 (Rekening BSI An. PCNU Tangsel).

Pewarta: Ratih Cahya Ningrum, Singgih Aji Purnomo


Banten Raya Terbaru