• logo nu online
Home Nasional Banten Raya Warta Keislaman Tokoh Khutbah Sejarah Opini Pesantren NU Preneur Ramadhan 2023
Sabtu, 20 April 2024

Banten Raya

Pamulang Juara Umum MTQ XV Tingkat Tangsel 2024

Pamulang Juara Umum MTQ XV Tingkat Tangsel 2024
MTQ XV Tingkat Tangsel 2024 ditutup Rabu (28/2/2024). (Foto: Dok LPTQ Tangsel)
MTQ XV Tingkat Tangsel 2024 ditutup Rabu (28/2/2024). (Foto: Dok LPTQ Tangsel)

Tangerang Selatan, NU Online Banten

Kecamatan Pamulang menyabet juara umum Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) XV Tingkat Kota Tangerang Selatan (Tangsel). Alhasil dengan nilai tertinggi, 134, Pamulang berada di peringkat satu.



Demikian dikutip dari keputusan ketua Dewan Hakim MTQ XV Tingkat Kota Tangsel 2024 bernomor 06/DH-MTQ/Kota-TS/II/2024 tentang juara umum dan urutan peringkat di bawahnya yang ditandatangani Ketua Dewan Hakim KH M Sobron Zayyan dan Sekretaris H M Edi Suharsongko yang diedarkan oleh Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Tangsel. ’’Berhak mendapatkan trofi bergilir MTQ Tingkat Kota Tangsel 2024,’’ ujar Ketua Bidang Sekretariat, Publikasi dan Dokumentasi LPTQ Tangsel Ahmad Syarif Hidayat dihubungi NUOB, Kamis (29/2/2024).


Dijelaskan kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Setu tersebut, dari gelaran MTQ tersebut, urutan 7 kecamatan di Tangsel adalah Pamulang (134), posisi kedua Ciputat Timur dengan nilai 99 dan Ciputat (88) di peringkat ketiga. Kemudian diikuti Pondok Aren (83), Serpong Utara (49), Setu (40), dan Serpong (28).


Sekadar diketahui, kegiatan bertema Bersama Al-Qur'an Kita Wujudkan Kebersamaan dan Persaudaraan untuk Menjaga Persatuan dan Kesatuan Bangsa yang dibuka oleh Wali Kota Tangsel Bunyamin Davnie di Lapangan Kecamatan Ciputat, Tangsel, Ahad (25/2/2024) malam ditutup di tempat yang sama Rabu (28/2/2024). Bunyamin Davnie juga hadir dan melakukan penutupan.



Ketua LPTQ Tangerang Selatan Bambang Noertjahjo mengatakan, para peserta yang juara akan lanjut ke even tingkat provinsi. Tentunya, akan ada pembinaan yang dilakukan oleh LPTQ Tangsel. “Para jawara akan diikutsertakan dalam beberapa pembinaan sebagai peserta kafilah Tangerang Selatan. Nantinya akan diteruskan sebagai peserta MTQ tingkat provinsi hingga nasional,’’ ujarnya saat penutupan di Lapangan Kecamatan Ciputat, Tangsel, Rabu (28/2/2024).



Sedangkan Benyamin Davnie menyampaikan bahwa prestasi yang diraih bukanlah sesuatu yang instan, melainkan buah kerja keras serta doa. ’’Semoga MTQ ini mampu meningkatkan kecintaan terhadap Al-Qur’an serta dapat ditunjukkan ke Banten bahwa Tangsel punya generasi Qur’ani yang berkualitas. Mampu menjadi contoh dan inspirasi bagi masyarakat seluruh negeri,” terangnya saat penutupan.


Terpisah, Meryanti, peserta karya tulis ilmiah Al-Qur'an, dari Ciputat Timur, mengaku berkesan mengikuti MTQ XV ini. “Ini pertama saya ikut. Jadi, benar-benar mempersiapkannya dengan cukup matang dan sebaik mungkin. Di sini juga banyak ketemu dengan teman-teman yang luar biasa,” ujarnya.


Seperti disampaikan Ketua LPTQ Tangerang Selatan Bambang Noertjahjo sebelumnya, MTQ kali ini diikuti oleh 7 kecamatan, 7 kafilah, dan 1.428 peserta. ’’Lokasinya di Kecamatan Ciputat dengan 14 titik arena perlombaan yang tersebar. Kegiatan ini menggunakan anggaran yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah 2024,’’ jelasnya. (CK-2TS)


Banten Raya Terbaru