• logo nu online
Home Banten Raya Ubudiyyah Warta Nasional Fragmen Keislaman Syariah Tauhid Tokoh Khutbah Sejarah Doa Opini Hikmah Pendidikan Islam Wisata Religi NU Preneur
Senin, 15 Agustus 2022

Banten Raya

PCNU Kota Tangerang Dikunjungi Dandim Bangun Sinergi Kebangsaan

PCNU Kota Tangerang Dikunjungi Dandim Bangun Sinergi Kebangsaan
Suasana Penyambutan Dandim di PCNU Kota Tangerang (Foto: Arfan Effendi)
Suasana Penyambutan Dandim di PCNU Kota Tangerang (Foto: Arfan Effendi)

Kota Tangerang, NU Online Banten
Pengurus Cabang Nahdatul Ulama (PCNU) Kota Tangerang menerima kunjungan Komandan Distrik Militer (Dandim) 0506/TGR Kolonel Infanteri Bambang Hery Tugiyono beserta jajaran, di Pondok Pesantren Roudlotussalaam, pada Jumat (26/3).

 

Kunjungan itu disambut langsung oleh Rais Syuriyah PCNU Kota Tangerang KH Abdul Mu’thi dan Ketua PCNU Kota Tangerang H Dedi Mahfudin. Silaturahim tersebut membahas soal sinergi untuk membangun semangat kebangsaan. Terutama untuk bersama-sama mengupayakan pembangunan di Kota Tangerang.

 

Mengutip pernyataan Tubagus Ahmad Bakri Purwakarta (Mama Bakri), Kiai Abdul Mu’thi menegaskan, tidak diperkenankan bagi warga negara untuk melawan pemerintahan yang sah sekalipun berbuat dzalim, kecuali jika ibadah dilarang.

 

“Tubagus Ahmad Bakri Purwakarta atau Mama Bakri berkata dalam kitab Campaka Dilaga, Teu menang ngelawan pemerintah senajan dzalim. (Artinya) tidak boleh melawan pemerintah walaupun dzalim, kecuali pemerintah melarang ibadah,” terangnya.

 

“Karenanya warga NU kudu wajib mempertahankan NKRI,” tegas Kiai Abdul Mu’thi, menyampaikan pesan kepada seluruh warga Nahdliyin di Kota Tangerang.

 

Sementara itu, Ketua PCNU Kota Tangerang H Dedi Mahfudin mengutarakan bahwa pihaknya baru saja mengukuhkan NU Care-LAZISNU. Sebuah saluran atau wadah bagi Nahdliyin untuk menggalang zakat, infak, dan sedekah.

 

Ia berharap, Dandim dapat melakukan kerja sama soal penggalangan yang dilakukan NU Care-LAZISNU Kota Tangerang. “Semoga Dandim 0506/TGR bisa bekerja sama membantu penggalangan NU Care-LAZISNU,” tutur Dedi.

 

Ia pun menyampaikan keresahan soal Kantor PCNU Kota Tangerang yang dinilai kurang strategis. Sebab tidak ada akses mobilitas masuk bagi pengurus dan warga NU yang akan berkunjung ke Kantor PCNU Kota Tangerang.

 

“Semoga Dandim bisa mendorong pihak-pihak terkait agar PCNU Kota Tangerang diberikan tempat yang lebih strategis,” harap Dedi.

 

Kemudian, Kolonel Bambang menyampaikan bahwa kedatangannya itu dalam rangka ingin menjalin komunikasi. Ia pun sangat berharap agar dapat selalu bersinergi dengan PCNU Kota Tangerang di berbagai bidang.

 

Tak lupa, Bambang juga mengajak warga NU di Kota Tangerang untuk terus aktif menebarkan dakwah yang positif. Terutama melalui berbagai platform media sosial. “Kami mengajak umat, khususnya Nahdliyin yang ada di kota Tangerang untuk terus aktif berdakwah secara positif, terutama dakwah melalui media sosial,” tutur Bambang.

 

Ia menyampaikan salah satu program yang dimiliki, yakni membentuk Kampung Pancasila di setiap kelurahan se-Kota Tangerang. Program itu dilaksanakan bertujuan agar mampu menyampaikan nilai-nilai Pancasila. Diharapkan, program ini pun dapat disinergikan dengan PCNU Kota Tangerang.

 

“Kami punya program, di dalam satu kelurahan harus ada satu Kampung Pancasila agar bisa menyampaikan nilai-nilai pancasila, khususnya di Kota Tangerang,” imbuh Bambang.

 

Di samping itu, ia juga menjawab keresahan yang telah disampaikan PCNU Kota Tangerang terkait keberadaan kantor yang letaknya kurang strategis. Untuk itu, Bambang mengaku akan menyampaikan keresahan itu kepada Wali Kota Arief R Wismansyah dan beberapa pihak.

 

“Kami akan menyampaikan keresahan itu kepada Pak Wali Kota dan beberapa pihak terkait, agar PCNU Kota Tangerang segera diberikan lahan yang strategis untuk mendirikan kantor yang lebih strategis,” pungkas Bambang.

 

Pewarta: Arfan Effendi

Editor: Aru Lego Triono


Editor:

Banten Raya Terbaru