• logo nu online
Home Nasional Banten Raya Warta Keislaman Tokoh Khutbah Sejarah Opini Pesantren NU Preneur Ramadhan 2023
Senin, 17 Juni 2024

Banten Raya

Rumah Produktif Ansor, Upaya GP Ansor Kota Tangerang Wujudkan Kemandirian Ekonomi Kader

Rumah Produktif Ansor, Upaya GP Ansor Kota Tangerang Wujudkan Kemandirian Ekonomi Kader
Rumah Ansor Produktif, wadah pemberdayaan ekonomi kader GP Ansor Kota Tangerang. (NUOB/Arfan)
Rumah Ansor Produktif, wadah pemberdayaan ekonomi kader GP Ansor Kota Tangerang. (NUOB/Arfan)

Kota Tangerang, NU Online Banten

Ketua Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor Kota Tangerang H Midyani, menyampaikan, proses menuju kemandirian organisasi, pondasi yang pertama kali harus dibangun adalah kemandirian ekonomi kader. Melakukan pemberdayaan kader dengan membangun jiwa enterpreneur. Sekaligus meningkatkan kapasitas dan potensi diri kader.

 

"Dengan spirit Nahdlatut Tujjar, GP Ansor Kota Tangerang berkomitmen membangun kemandirian ekonomi kader melalui UMKM Rumah Produktif Ansor," ungkapnya, Sabtu, (23/3/2024) malam, pada pembukaan Gebyar Ramadhan Karim di masjid Agung Al Ittihad, kota Tangerang, Banten.

Melalui Rumah Produktif Ansor, Midyani mengatakan GP Ansor Kota Tangerang mewadahi kader untuk meningkatkan progresifitas perekonomian. Mewadahi individu-individu kader Ansor yang memiliki usaha, untuk bersama-sama membangun kemandirian kader menuju kemandirian organisasi.

 

"Seperti spirit Nahdlatut Tujjar atau kebangkitan ekonomi, cikal bakal berdirinya NU tahun 1926 bermula pada gerakan saudagar," ujar pria yang akrab disapa Gus Midyani ini.

 

Gus Midyani berharap, Rumah Produktif Ansor yang diinisiasi oleh Bidang Ekonomi ini bisa memaksimalkan perannya. Melakukan transformasi dengan pengembangan ekonomi digital dan konvensional. Dengan begitu, upaya Ansor dalam membangun jiwa enterpreneur kader, bisa diwujudkan menuju kemandirian organisasi.

 

"Kemarin sudah dinisiasi oleh Bidang ekonomi, sebuah e-katalog dengan menampilkan produk-produk UMKM kader, tapi kita juga perlu melakukan perniagaan konvensional, seperti melalui stand Bazaar ini," pungkasnya.

 

Sementara, Ketua Bidang Ekonomi GP Ansor Kota Tangerang Jajat Sudrajat mengatakan, Rumah Ansor Produktif ini sebagai upaya dalam membangun kemandirian, menumbuhkan semangat kreativitas, dan mendukung segala bentuk aktifitas ekonomi kader.

 

"Salah satu upaya kami dalam membangun kemandirian organisasi adalah dengan menumbuhkan semangat berkreatifitas dan mendukung segala bentuk aktifitas ekonomi anggota seperti, pengembangan SDM, dan dukungan terhadap UMKM," ujarnya.

 

Pria yang akrab disapa aja menyampaikan, dibutukan kolaborasi dengan eksternal dan komunitas lokal untuk mendapatkan dukungan dalam hal pendanaan, sumber daya, dan akses pasar yang lebih luas.

 

"Juga dukungan dalam pemasaran dan branding unit usaha yang dimiliki oleh anggota seperti Rumah Ansor Produktif ini," pungkas Ajat.

 

Lebih lanjut, ia menambahkan, Rumah Ansor Produktif ini bukan hanya dalam memajukan ekonomi individual anggota. Tetapi, juga berkontribusi secara signifikan dalam memajukan ekonomi keseluruhan anggota dan organisasi secara keseluruhan. 

 

"Kami percaya bahwa dengan memberdayakan UMKM anggota, kami dapat menciptakan dampak positif yang lebih luas bagi masyarakat dan ekonomi lokal," tandasnya.

 

Diketahui, Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kota Tangerang membuka UMKM Rumah Produktif Ansor di gelaran Gebyar Ramadhan Karim di masjid Agung Agung Al Ittihad. Berbagai produk disajikan, seperti beras, minyak goreng, pakaian, dan berbagai produk yang dimiliki oleh Kader GP Ansor Kota Tangerang.


Banten Raya Terbaru