• logo nu online
Home Banten Raya Ubudiyyah Warta Nasional Fragmen Keislaman Syariah Tauhid Tokoh Khutbah Sejarah Doa Opini Hikmah Pendidikan Islam Wisata Religi NU Preneur
Senin, 15 Agustus 2022

Nasional

Kemenag: Prodi PPG UIN Alauddin Makasar Perkuat Reproduksi Guru Profesional

Kemenag: Prodi PPG UIN Alauddin Makasar Perkuat Reproduksi Guru Profesional
Monitoring dan Evaluasi (Monev) Pelaksanaan PPG Dalam Jabatan (Daljab) Angkatan l 2022 UIN Alauddin pada Sabtu (16/7). (Foto:Istimewa)
Monitoring dan Evaluasi (Monev) Pelaksanaan PPG Dalam Jabatan (Daljab) Angkatan l 2022 UIN Alauddin pada Sabtu (16/7). (Foto:Istimewa)

Makasar, NU Online Banten

Program Studi Pendidikan Profesi Guru (PPG) harus menjadi wasilah terbaik untuk memproduksi guru professional guna menjawab peluang dan tantangan Indonesia Emas 2045.

 

Pernyataan itu disampaikan Kepala Subdirektorat Ketenagaan, Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Ruchman Basori, saat melakukan Monitoring dan Evaluasi (Monev) Pelaksanaan PPG Dalam Jabatan (Daljab) Angkatan l 2022 UIN Alauddin pada Sabtu (16/7).

 

“Kapasitas dan kualitas guru madrasah dan guru PAI di sekolah harus terus menerus ditingkatkan baik kapasitas akademik, professional, sosial, dan moral," terang Alumni Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo ini.

 

Salah satu ikhtiar yang di tempuh Kementerian Agama melalui Direktorat Diktis Ditjen Pendidikan Islam, lanjut Ruchman adalah dengan mengembangkan prodi PPG dikalangan PTKI. “Saudara-saudara harus bangga menjadi admin dan operator data PPG karena sangat dibutuhkan bagi instrument peningkatan mutu guru-guru di Indonesia," katanya. 

 

Hal lain yang disampaikan Ruchman adalah adanya program Pendidikan Jarak Jauh Pendidikan Agama Islam (PJJ PAI) pada IAIN Syaih Nurjati Cirebon dengan skema Beasiswa Kemenag-LPDP untuk 2000 guru yang belum S1.

 

“Layanan Beasiswa Kemenag-LPDP lain adalah beasiswa S2 dan S3 Dalam dan Luar Negeri dan salah satu sasarannya adalag guru di bawah binaan Kementerian Agama juga para tenaga kependidikan," terang Mantan Aktivis ’98 ini.

 

Kepada 30-an admin dan operator PPG Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) UIN Alauddin, Ruchman berharap untuk meningkatkan karir dan Pendidikan. “Jangan berhenti menjadi Admin dan Operator tetapi raihlah karir akademik dan kepemimpinan Pendidikan setinggi mungkin," harap Ruchman.

 

Sementara itu Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Makasar, Dr. H. A Marjuni menyampaikan ucapan terimakasi atas kehadiran Kasubdit Ketenagaan Ruchman Basori, yang telah memberikan motivasi bagi peningkatan mutu dan manajemen tata kelola Prodi PPG. 

 

Marjuni menegaskan komitmennya untuk meningkatkan kualitas guru melalui program PPG dan bentuk-bentuk pengembangan profesi guru lainnya pada fakultas yang dipimpinnya. “Kami senantiasa membangun komitmen kerja, yang ikhlas, amanah dan profesional dalam mengembangkan lembaga pendidikan ke depan," kata Marjuni.

 

Turut hadir dalam kegiatan Monev, Wakil Rektor II UIN Alauddin Makasar Prof Dr Wahyudin Naro, Wakil Dekan I, II, III dan Ketua Prodi PPG Ahmad Afif, serta Panitia Pelaksanaan PPG Daljab Angkatan ll tahun 2022.


Nasional Terbaru