• logo nu online
Home Nasional Banten Raya Warta Keislaman Tokoh Khutbah Sejarah Opini Pesantren NU Preneur Ramadhan 2023
Senin, 17 Juni 2024

Obituari

Mengenang Istri Habib Luthfi Pekalongan yang Wafat

Mengenang Istri Habib Luthfi Pekalongan yang Wafat
Suasana rumah duka Syarifah Salma binti Hasyim bin Yahya di Pekalongan, Jawa Tengah, Rabu (29/5/2024) pagi. (Foto: NUOB/Bowo)
Suasana rumah duka Syarifah Salma binti Hasyim bin Yahya di Pekalongan, Jawa Tengah, Rabu (29/5/2024) pagi. (Foto: NUOB/Bowo)

Pekalongan, NU Online Banten

Kepergian Syarifah Salma binti Hasyim bin Yahya untuk selamanya menyisakan duka mendalam. Terutama bagi mereka yang mengenal dan di sekitar istri Habib Muhammad Luthfi bin Yahya asal Pekalongan, Jawa Tengah, itu.


"Mamah (Syarifah Salma binti Hasyim, Red) tidak sakit. Setelah Isya' tidur. Terbangun dan bilang ke khadimnya, barusan mimpi indah. Tidak lama setelah itu, pamit tidur kembali. Tidak lama berselang, mulai anfal nafasnya, yang di rumah kaget. Kemudian dilarikan ke RS Budi Rahayu, Kota Pekalongan. Setibanya di sana menghembuskan napas terakhirnya,’’ ujar Muhammad Faisol, abdi dalem rumah Syarifah Salma binti Hasyim, Rabu (29/5/2024).



Tak hanya Faisol. Orang yang mengenal lainnya, Imron, juga merasa kehilangan.

’’Empat hari yang lalu saya diberi tugas Mamah membersihkan rumah di kawasan Duren Sawit. Rupanya itu hari terakhir saya bertemu Mamah,’’ kenangnya, sembari terlihat matanya berkaca-kaca.


Habib Bahaudin, putra Habib Muhammad Luthfi bin Yahya, berharap kepada mereka yang datang untuk takziyah mendoakan ibunya tersebut. "Semoga Mamah husnul khatimah ya. Diterima amal ibadahnya, diampuni kesalahannya, dilapangkan kuburnya, dan ditempatkan di jannatun na'im. Mohon dimaafkan kesalahannya," pintanya.

 


Sedangkan Sekjen Jam'iyyah Ahlith Thariqah aI-Muktabarah an-Nahdliyah (Jatman) KH Mashudi mengatakan, Jatman dan NU berduka atas kepergian Mamah Salamah. ’’Namun kita tetap ridla dengan ketentuan Allah. Saya yakin akan ada hikmah yang sangat besar bagi umat dan bangsa di balik musibah ini," ujarnya saat ditemui NUOB di rumah duka, Pekalongan.
 


Sementara itu, Presiden Joko Widodo dijadwalkan melayat ke rumah duka. Presiden yang akrab disapa Jokowi itu kabarny telah bertolak melalui Bandara Lanud Halim Perdanakusuma pukul 09.05 WIB.



Di lokasi rumah duka, juga tampak karangan bunga berjajar. Di antaranya dari kepala Polri, kepala BIN, kapolda Jateng, bupati Pekalongan, Batang, dan lain-lain.



Seperti diberitakan, Syarifah Salma binti Hasyim bin Yahya meninggal dunia pada Selasa (28/5/2024) sekitar pukul 21.55 WIB. Istri Habib Muhammad Luthfi bin Yahya tersebut meninggal dalam usia 66 tahun di Rumah Sakit Budi Rahayu Kota Pekalongan, Jawa Tengah.



Sekadar diketahui, pernikahan Habib Luthfi bin Yahya dengan almarhumah Sarifah Salma dikaruniai 5 orang anak. Habib Bahaudin al-Alawi bin Yahya, Syarifah Fatimah Ni'matuz az-Zainabi, Syarifah Ummu Hani, Syarifah Fatimah, dan Habib Muhammad Syarif Hidayatullah al-Huseini.



Habib Luthfi dikenal sebagai ulama dan saat ini juga anggota Dewan Pertimbangan Presiden. Selain itu, sebagai rais ‘aam Jam'iyyah Ahlith Thariqah al-Mu'tabarah an-Nahdliyyah.



Menurut rencana almarhumah akan dimakamkan di pemakaman keluarga di Kompleks Maqbarah Sapuro, Kota Pekalongan, Rabu (29/5/2024) pukul 14.00 WIB. (KI-Bowo)

 

 
 


Obituari Terbaru