• logo nu online
Home Nasional Banten Raya Warta Keislaman Tokoh Khutbah Sejarah Opini Pesantren NU Preneur Ramadhan 2023
Jumat, 1 Maret 2024

Banten Raya

Harlah, Ingin Keberadaan NU Tangsel Makin Dirasakan dan Bermanfaat

Harlah, Ingin Keberadaan NU Tangsel Makin Dirasakan dan Bermanfaat
PCNU Tangsel menggelar doa dan potong kue sebagai rasa syukur. (Foto: NU Online/Moh Syaiful Anam)
PCNU Tangsel menggelar doa dan potong kue sebagai rasa syukur. (Foto: NU Online/Moh Syaiful Anam)

Tangerang Selatan, NU Online Banten
Selasa (31/1/2023) malam ada yang berbeda di Kantor Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Tangerang Selatan (Tangsel). Setelah istighotsah rutin, sebagian jamaah santai mengobrol, meski malam semakin larut. Nah, beberapa saat setelah Ketua PCNU Tangsel H Abdullah Mas’ud datang, mereka yang belum pulang dikumpulkan. Tak lama ada kue yang diletakkan di atas meja kecil. Doa pun dipanjatkan sebelum potong kue. Kegiatan ini sebagai rasa syukur. ’’31 Januari adalah hari lahir NU secara Masehi,’’ ujarnya.


Menurutnya, secara Masehi, Harlah NU baru masuk ke-97 tahun. ‘’Kalau Hijriyah, 16 Rajab 1344. Ketika itu bertepatan dengan 31 Januari 1926. Sekarang berarti yang ke-97. Jadi tiga tahun lagi, 2026 genap 100 tahun dalam hitungan Masehi,’’ jelasnya. 


Hanya, mengacu dalam Anggaran Dasar (AD) dan Anggaran Rumah Tangga (ART) NU, Harlah NU berdasarkan tahun Hijriyah. ’’Sekarang kita peringati untuk mengingatkan bahwa 31 januari adalah lahirnya NU menurut kalender Masehi,’’ imbuhnya.


Semakin bertambah usia, dia berharap, NU Tangsel keberadaanya semakin dapat dirasakan dan bermanfaat bagi masyarakat. ’’Dan semakin eksis dan melakukan perbaikan-perbaikan pemahaman dan edukasi kepada masyarakat,’’ imbuhnya. 


Apalagi di Tangsel, lanjutnya, tantangannya ke depan  sangat luar biasa dan NU harus berperan. ’’Tangsel punya moto cerdas, modern, dan religius. NU sebagai kekuatan civil society dapat membimbing masyarakat memiliki jiwa yang regilius dan membatu pemerintah menuju masyarakat yang religiuus,’’ jelasnya.


Seperti diketahui, Resepsi Harlah 1 Abad Nahdlatul Ulama (NU) digelar di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Jawa Timur. Ya, puncaknya pada 16 Rajab 1444/7 Februari 2023. Warga Nahdliyin tentu tak sabar lagi. Ingin meramaikan 100 tahun NU. Bagi warga NU atau Nahdliyin yang ke Sidoarjo, baiknya memerhatikan pesan Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Yahya Cholil Staquf. 


Gus Yahya—panggilan akrbanya—masyarakat, khususnya warga NU, yang akan hadir di Sidoarjo pada 7 Februari 2023 agar berniat mengambil berkah dari kegiatan yang akan diselenggarakan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) itu. "Mari kita laksanakan kegiatan ini dengan niat untuk mengambil barokah dari Nahdlatul Ulama,’’ ujar putra almarhum KH Cholil BIsri itu di Jakarta, Jumat (27/1/2023). 


Pria asal Rembang, Jawa Tengah, itu juga mengingatkan, resepsi Harlah 1 Abad NU bukan hanya untuk ajang bersenang-senang semata. Tapi, yang sangat penting mengambil keberkahan dari para ulama yang hadir. "Dengan berupaya menjadikan momentum peringatan harlah menjadi momentum yang patut dikenang dalam waktu yang lama,’’ pesannya.


Pewarta: Moh Syaiful Anam


Banten Raya Terbaru