• logo nu online
Home Banten Raya Ubudiyyah Warta Nasional Fragmen Keislaman Syariah Tauhid Tokoh Khutbah Sejarah Doa Opini Hikmah Pendidikan Islam Wisata Religi NU Preneur
Senin, 26 September 2022

Banten Raya

Maksimalkan Program Kerja, PCNU Tangerang Selatan Gelar Mukercab Kedua

Maksimalkan Program Kerja, PCNU Tangerang Selatan Gelar Mukercab Kedua
Ketua PCNU TAngerang Selatan KH Abdullah Mas'ud saat menyampaikan sambutan Musyawarah kerja dan pleno. (Foto: NU Online Banten/Arfan Effendi)
Ketua PCNU TAngerang Selatan KH Abdullah Mas'ud saat menyampaikan sambutan Musyawarah kerja dan pleno. (Foto: NU Online Banten/Arfan Effendi)

Tangerang Selatan, NU Online Banten

Mekanisme permusyawaratan harus dilakukan dengan baik agar bisa merumuskan program yang memberikan maslahat kepada masyarakat. Musyawarah Kerja Cabang (Mukercab) menjadi bagian penting pengelelolaan organisasi. Melakukan perencanaan yang akan datang, juga melakukan evaluasi program yang sudah terealisasi. Disamping itu, mendaur program agar organisasi menjadi sehat.

 

Demikian disampaikan oleh Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Tangerang Selatan KH Abdullah Mas’ud pada pembukaan Mukercab kedua dan Pleno PCNU Tangsel di Pusdiklat Kemenag RI, Ciputat, Sabtu (29/1/2022) siang. 

 

Mukercab dihadiri oleh Lembaga, MWCNU, dan Badan otonom sebagai perangkat organisai NU guna merumuskan program setahun ke depan. Kiai Mas’ud mengatakan, beberapa program prioritas yang sudah dicanangkan pada mukercab tahun lalu.

 

“Melalui Mukercab ini PCNU Tangsel merumuskan kebutuhan dan perjuangan Nahdlatul Ulama. Hal ini dirasa sangat penting untuk memajukan NU di Tangerang Selatan.” Ujarnya.

 

Lebih dari itu, Kiai Mas’ud menguraikan beberapa capaian PCNU Tangsel yang diramu dalam Nawasaka Khidmah, sebutan rangkuman program priortas. Beberapa program itu telah dilakukan oleh beberapa lembaga dibawah naungan PCNU Tangsel.

 

“Salah satu capaian program yang sudah dilakukan adalah penataan infrastruktur yang kita canangkan. Meliputi penataan 7 MWC dan 54 ranting serta anak ranting hampir seratus persen, Juga, memberikan komputer, printer dan papan nama,” tuturnya.

 

Tak hanya itu, PCNU Tangsel juga menangani bidang pendidikan dan kesehatan. Melalui Lembaga Pendidikan (LP) Maarif NU, Rabithah Maa’hid Islamiyah Nahdlatul Ulama (RMINU) dan Lembaga Kesehatan Nahdlatul Ulama (LKNU) saling sinergi satu sama lain.

 

“RMI NU membina pesantren sudah ada 30 pesantren yang tergabung. Juga, melalui LKNU merintis lima klinik NU Care Medical Center berbasis pesantren,” terangnya.

 

Kedepan, Kiai Mas’ud mencanangkan klinik NU Care Medical Center akan di sebar luaskan segmennya berbasis masjid dan warga. Ia menuturkan tahun ini merupakan capaian yang luar biasa. Kegiatan selama setahun hampir 200 kegiatan di Tangerang Selatan. Dirinya berharap, dua hari gelaran Mukercab ini bisa menambahkan rencana program setahun kedepan.

 

Rais Syuriyah PCNU Tangerang Selatan KH Zainuddin Abdullah menyampaikan, sebelum menyusun dan merancang program. Terlebih dahulu memetakan program yang sudah diprioritaskan setahun lalu. Sembilan program yang terhimpun dalam Nawa Saka Khidmah diharapkan bisa terealisasi sepenuhnya.

 

Kendati demikian, KH Zainuddin mengingatkan kepada seluruh pengurus untuk menjaga kebersamaan, kekompakan dan persatuan. “Kalau kita mempunyai komitmen yang sama, mempunyai kebersamaan dan kekompakkan, niscaya apa yang sudah diharapkan akan terlaksana dengan baik,” pesannya.

 


Pewarta: Arfan Effendi
Editor: Ferdian Andi


Banten Raya Terbaru