• logo nu online
Home Nasional Banten Raya Warta Keislaman Tokoh Khutbah Sejarah Opini Pesantren NU Preneur Ramadhan 2023
Jumat, 26 April 2024

Banten Raya

Jaga Kiai, PCNU, dan Polres Tangsel Berikan 1000 Vaksin di Pesantren Madinatunnajah

Jaga Kiai, PCNU, dan Polres Tangsel Berikan 1000 Vaksin di Pesantren Madinatunnajah
Kakemenag, Pimpinan Pesantren, Ketua PCNU, dan Polres Tangsel beserta jajaran saat sesi foto bersama. (Foto : Istimewa)
Kakemenag, Pimpinan Pesantren, Ketua PCNU, dan Polres Tangsel beserta jajaran saat sesi foto bersama. (Foto : Istimewa)

Tangerang Selatan, NU Online Banten
NU Tangsel Peduli Kemanusiaan terus bergerak dalam ikhtiar lahir dengan mengadakan vaksinasi Covid-19 kepada masyarakat Kota Tangsel. Kegiatan yang dilaksanakan di Pesantren Madinatunnajah Jombang melalui program Jaga Kiai, Sabtu (21/08). 

 

Panitia melaporkan sebanyak 1000 peserta vaksin yang berasal dari pimpinan pondok pesantren (Kiai-red), santri, para Assatidz dan masyarakat sekitar pondok pesantren Madinatunnajah, Jombang, Ciputat, Tangerang Selatan.

 

Kegiatan program vaksinasi 'Jaga Kyai' diselenggarakan atas kerjasama Pengurus Cabang Nahldatul Ulama (PCNU) Kota Tangsel, Polres Tangerang Selatan, BAZNAS RI, NU Care-LAZISNU, Lembaga Kesehatan Nahdlatul Ulama (LKNU) Tangerang Selatan RMI Tangsel, Lembaga Kemaslahatan Keluarga Nahdlatul Ulama (LKKNU), Ansor, Banser, dan Himpunan Pengusaha Nahdlyin (HPN).

 

“Alhamdulillah antusias para santri dan  masyarakat sekitar pesantren luar biasa. peserta vaksin dibagi dua tempat khusus civitas pesantren yang berada di dalam pondok yang dimulai pukul delapan dan di depan pesantren khusus untuk masyarakat sekitar semuanya berjalan teetib dan sesuai prokes yang berlakukan oleh panitia, kegiatan terlaksana dengan lancar dan saya ucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah bersama dalam mensuport kegiatan ini’, ujar Rizki Subagio selaku Ketua Pelaksana.

 

Ketua Satgas Pondok Pesantren Ustadz Mansyur menyampaikan terimakasih kepada PCNU atas terselenggaranya kegiatan vaksin ditempatnya. Kegiatan berjalan lancar dan santri antusias mengikutinya, Ustadz Mansyur berharap silaturahim yang sudah dibangun antara Pondok Pesantren dan PCNU melalui Pengurus RMI terus terjalin dengan baik untuk keberkahan. Ustadz Mansyur menuturkan ikhtiar pesantren selain melakukan ikhtiar dzohir juga tak henti berikhtiar batin. Setiap Shalat Maktubah para santri melakukan Qunut Nazilah, membaca Shalawat, Berdzikir selama pandemi ini yang dilakukan pimpinan dan diikuti oleh para ustadz beserta santri.

 

Sekertaris Rabithah Ma’ahid Islamiyah (RMI) Tangsel Irfan Ahmad mengungkapkan bahwa program ini dilaksanakan dalam rangka ikhtiar menjaga kiai, santri, wali santri dan masyarakat sekitar pesantren. Kiai dan santri adalah para pejuang yang istiqomah menjaga tradisi keilmuan pesantren menyiapkan generasi bangsa yang unggul.
 

“Semoga kita bisa terus melanjutkan program-program di pesantren termasuk program jaga kiai khusus dimasa pendemi ini,” ujar Irfan Ahmad.  

 

Dilokasi kegiatan, Ketua PCNU Tangerang Selatan KH Abdullah Mas’ud mengatakan bahwa PCNU Kota Tangsel telah menyelenggarakan vaksinaai di beberapa pesantren dan saat ini program jaga kiai bisa dilaksanakan di Pondok Pesantren Madinatunnajah, 

 

“Sejak awal pandemi masuk Indonesia, PCNU langsung bergerak, berbagai program kita gulirkan, seperti dekontaminasi lingkungan dengan penyemprotan disinfektan, pembagian masker, vitamin serta penyuluhan kesehatan dibeberapa tempat baik yang berbasis masyarakat, madrasah, pesantren, masjid dan fasilitas umum lsinya,” ungkap Cak Mas’ud sapa akrabnya. 

 

PCNU Kota Tangsel mepaparkan kepada Wali Kota. PCNU melalui lembaga LKKNU telah mendirikan Klinik yang diberi nama NU Care Medical Center berlokasi di Pesantren Jamiyah Islamiyah.

 

“Alhamdulillah kita juga telah mendirikan NU Care Medical Center pertama, yang selanjutnya nanti akan berdiri dibeberapa pesantren termasuk di pesantren Madinatunnajah ini dan kedepan akan ada NU Care Medical Center di pesantren-pesantren yang di bawah koordinasi Rabithoh Ma’ahid Islamiyah NU”, terang Kiai Mas’ud.

 

Walikota Tangsel Benyamen Davnie menyampaikan dalam sambutanya, pemerintah Kota Tangerang Selatan terus berikhtiar dalam pencegahan virus Covid-19. Hal ini termasuk percepatan program vaksinasi di masyarakat kota Tangerang Selatan termasuk di pondok pesantren Madinatunnajah yang pagi ini dilaksanakan.

 

“Semoga kita segera terbebas dari wabah ini dan pesantren bisa segera beraktifitas normal dan adik-adik santri juga bisa belajar normal. Pemerintah akan terus berkomitmen terhadap pondok pesantren dalam program-program pencegahan Covid-19, termasuk pelaksanaan vaksinasi di pondok pesantren seperti hari ini harus terus dilanjutkan, kami sangat berterimakasih kepada pak Kapolres, pak ketua PCNU dan Pak kiai yang sudah membantu menyelenggarakan vaksinasi ini dengan tertib dan dalam program jaga kiai, semoga warga Tangsel terus sehat.” Kata Walikota Tangerang Selatan

 

Sementara itu, saat meninjau pelaksanaan vaksinasi, Kapolres Kota Tangsel AKBP Iman Imanuddin, menegaskan bahwa program vaksinasi kolaborasi antara Polres Tangsel dengan PCNU Kota Tangsel harus terus terjaga dalam rangka menyukseskan program pemerintah yaikni vaksinasi yang dalam hal dilaksanakan di pondok pesantren dalam rangka menjaga kiai, santri dan masyarakat sekitar semoga kita segera bisa melakukan aktifitas yang normal dari wabah Covid-19 ini.

 

“Semoga para kiai santri dan masyarakat sekitar pesantren terhindar dari penularan virus covid-19. Kita lakukan bersama pencegahan penularan virus covid-19 ini semoga Indonesia segera terbebas dari wabah ini,” tegas AKBP Iman Imaduddin.

 

Berlangsung dengan lancar dan sukses, turut hadir dalam kegiatan Vaksinasi Pimpinan Pondok Pesantren KH Agus, Ketua Satgas Pesantren Ustadz Mansyur, Wali Kota Tangerang Selatan Drs H Benyamin Davnie, Kapolres Tangerang Selatan, AKBP Iman Imaduddin bersama jajaranya, Kepala Kementrian Agama (Kemanag) Tangerang Selatan Drs H Abdul Rozak, Ketua PCNU, KH. Abdullah Masud, Sekretaris PCNU KH Imam Muzahir, Wakil ketua PCNU, Ahmad Andi Wibowo, Abdulah Ubaid dan jajaran pengurus PCNU, Ketua Himpunan Pengusaha Nahdliyin (HPN) Asrori, Ketua Rabithah Ma’ahid Islamiyah (RMI) KH Muhammad Alvi Firdausi, Sekertaris Rabithah Ma’ahid Islamiyah (RMI) Irfan Ahmad, Ketua Majelis Wakil Cabang (MWC) NU Ciputat KH Hasan Orakahi, Anggota Banser Ciputat, Serpong, Setu, beserta para Ketua Lembaga NU dan Banom NU.

 

 

Kontributor : Aba Raysa
Editor : Arfan


Editor:

Banten Raya Terbaru