• logo nu online
Home Nasional Banten Raya Warta Keislaman Tokoh Khutbah Sejarah Opini Pesantren NU Preneur Ramadhan 2023
Senin, 17 Juni 2024

Tokoh

Dengan Syekh Nawawi, Banten Memiliki Peradaban Tinggi

Dengan Syekh Nawawi, Banten Memiliki Peradaban Tinggi
Pj Gubernur Banten Al Muktabar menyampaikan sambutan saat haul ke-131 Syekh Nawawi Al-Bantani di Pondok Pesantren Annawawi, Tanara, Kabupaten Serang, Banten, Jumat (3/5/2024) malam. (Foto: SS Sekretariat Wapres 2024)
Pj Gubernur Banten Al Muktabar menyampaikan sambutan saat haul ke-131 Syekh Nawawi Al-Bantani di Pondok Pesantren Annawawi, Tanara, Kabupaten Serang, Banten, Jumat (3/5/2024) malam. (Foto: SS Sekretariat Wapres 2024)

Banten, NU Online Banten

Malam puncak haul ke-131 Syekh Nawawi Al-Bantani dipusatkan di Pondok Pesantren Annawawi, Tanara, Kabupaten Serang, Banten, Jumat (3/5/2024) malam. ’’Malam ini kami bersyukur dan  berbangga hati atas kehadiran bapak ibu semua pada haul ke-131 Syekh Nawawi. Semoga ke depan terus bisa menggelar haul dengan khidmat dan khusyuk,’’ ujar Pengasuh Pondok Pesantren Annawawi, Tanara, KH Ahmad Syauqi, dalam sambutannya yang disiarkan Channel Youtube akun resmi Wakil Presiden Republik Indonesia.



Gus Syauqi—sapaan KH Ahmad Syauqi—mengajak ribuan jamaah yang hadir dan mengikuti secara melalui media sosial merenungi dari apa yang ditinggalkan Syekh Nawawi Al-Bantani dan diwariskan.’’Syekh Nawawi Al-Bantani berasal dari desa pelosok, tapi tidak membuat kecil hati dari mana berangkat, tapi bagaimana berikhtiar, punya semangat, ghirah seperti Syekh Nawawi Al Bantani, menjadi orang yang bisa menebar manfaat, memberi maslahat kepada umat,’’ ungkap putra KH Ma’ruf Amin tersebut yang juga memanjatkan doa agar bangsa Indonesia dengan haul Syekh Nawawi mendapatkan rahmat dan keberkahan dari Allah.

 


Sedangkan Penjabat Gubernur Banten Al Muktabar dalam sambutannya mengatakan, Syekh Nawawi Al-Bantani adalah pejuang Islam. Pemikiran-pemikirannya termuat di berbagai kitab yang sampai saat ini bisa dipelajari dan diimplementasikan.’’Ini kebanggaan bagi Banten. Dengan Syekh Nawawi, Banten memiliki peradaban yang tinggi,’’ tegasnya di hadapan hadirin



Atas nama Pemerintah Provinsi Banten, pihaknya juga menyampaikan selamat datang di Tanara, Kabupaten Serang, Banten, kepada hadirin. ’’Tamu undangan yang berada di kawasan ini (area dalam pesantren) kurang lebih 2.500 orang, belum lagi yang di luar, dan juga tersambung dengan platform digital,’’ imbuhnya.



Dengan haul ini, lanjutnya, sebagai refleksi perjuangan dan karya Syekh Nawawi, untuk diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Baik berbangsa dan bernegara maupun bermasyarakat. ’’Ke depan, menjadi penunjuk jalan, road map, untuk terus, utamanya dalam menjalankan pemikiran-pemikiran yang baik dan mempedomaninya karena kita yakin bahwa Islam itu adalah rahmatan lil alamin dan pejuang kita Syekh Nawawi Al-Bantani telah mendedikasikan diri sepanjang hayatnya untuk itu. Itu yakin baik bagi kita semua,’’ jelasnya.



Haul ke-131 Guru Bangsa Sayyid Ulama Al-Hijaz tersebut juga dihadiri oleh Wakil Presiden (Wapres) KH Ma’ruf Amin, para ulama dan kiai di Banten dan sekitar, Irjen Pol H Merdisyam mewakili kapolri, serta sejumlah pejabat dan undangan lainnya.



Acara malam itu dimulai dengan menyanyikan Indonesia Raya dan Yaa Lal Waton, pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh H Muammar ZA, dan pembacaan shalawat. Dilanjutkan tahlil, sambutan tuan rumah dan Pj Gubernur Banten, arahan Wapres KH Ma’ruf Amin, ceramah agama oleh Pengasuh Pondok Pesantren Ploso, Kediri, Jawa Timur, KH M Abdurrahman Al Kautsar, serta ditutup dengan doa. (M Izzul Mutho)


Tokoh Terbaru