• logo nu online
Home Nasional Banten Raya Warta Keislaman Tokoh Khutbah Sejarah Opini Pesantren NU Preneur Ramadhan 2023
Jumat, 1 Maret 2024

Nasional

Ini Alasan Menteri BUMN Erick Thohir Ditunjuk Jadi Ketua Lakpesdam PBNU

Ini Alasan Menteri BUMN Erick Thohir Ditunjuk Jadi Ketua Lakpesdam PBNU
Ketua Lakpesdam Erick Thohir. (Foto: @erickthohir)
Ketua Lakpesdam Erick Thohir. (Foto: @erickthohir)

Tangerang Selatan, NU Online Banten

Nakhoda Lembaga Kajian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (Lakpesdam) Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) berganti. Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf secara resmi menunjuk Erick Thohir menjadi ketua Lakpesdam PBNU.  Seperti diketahui, saat ini Erick menjabat sebagai menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Sebelumnya, posisi ketua Lakpesdam ditempati oleh KH Ulil Abshar Abdalla yang kini sebagai ketua PBNU, setelah itu ditempati oleh Hasanuddin Ali.



’’Saya sudah menandatangani SK (surat keputusan) baru, dan ketua Lakpesdamnya sudah berganti. Ketua Lakpesdam Erick Thohir,’’ ujar Gus Yahya—sapaan akrab KH Yahya Cholil Staquf di di sela-sela pembukaan Muktamar Pemikiran NU 2023 di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, Jumat (1/12/2023). 

 

Gus Yahya berharap, pergantian kepemimpinan di tubuh Lakpesdam PBNU tersebut dapat memberi energi baru dalam mengembangkan operasional NU melalui peran Lakpesdam PBNU. “Karena saya mau membangun teknokrasi dalam operasi organisasional NU dan Pak Erick orang yang sangat berpengalaman, mempunyai track record kinerja yang bagus sekali dalam soal itu,” ujar pengasuh Pondok Pesantren Raudlatut Thalibin Leteh, Rembang, Jawa Tengah itu seperti ditulis NU Online.

 


Kakak dari Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas itu bahkan menyebut, di bawah kepemimpinan Erick Thohir, Lakpesdam PBNU dicanangkan sebagai Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) milik PBNU.  “Saya ingin membangun Lakpesdam ini menjadi Bappenasnya PBNU. Pak Erick sudah bersedia,” imbuh kiai yang pernah menimba ilmu di Pondok Pesantren Krapyak, Jogja, itu. (Nuriel SI)


Nasional Terbaru