• logo nu online
Home Nasional Banten Raya Warta Keislaman Tokoh Khutbah Sejarah Opini Pesantren NU Preneur Ramadhan 2023
Sabtu, 20 April 2024

Banten Raya

Harlah Ke-70, PAC IPNU Cinangka Gelar Refleksi untuk Perkuat Kader

Harlah Ke-70, PAC IPNU Cinangka Gelar Refleksi untuk Perkuat Kader
Foto bersama di sela-sela Peringatan Harlah ke-70 IPNU di Cinangka, Ahad (25/2/2024). (Foto: IPNU Cinangka for NUOB)
Foto bersama di sela-sela Peringatan Harlah ke-70 IPNU di Cinangka, Ahad (25/2/2024). (Foto: IPNU Cinangka for NUOB)

Kabupaten Serang, NU Online Banten

Ketua Pimpinan Anak Cabang (PAC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Cinangka Mustofa mengatakan, refleksi Peringatan Hari Lahir (Harlah) ke-70 IPNU bertujuan memperkuat tali silaturahim antarpengurus PAC IPNU-Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) dan badan otonom (banom) NU lainnya di Cinangka.



"Refleksi hari ini adalah bentuk kesadaran kami untuk memperkuat rasa persatuan dan persaudaraan antarkader dan banom NU. Selain itu pula, sebagai bentuk rasa semangat baru untuk kita memperjuangkan dan memperluas jaringan IPNU di Cinangka" ungkapnya kepada NUOB melalui aplikasi perpesanan, Ahad (25/2/2024) malam.
 


Kegiatan bertema Menjadikan Generasi Berakhlak Mulia dan Sucikan Hati Menuju Bulan Suci di Kantor Majelis Ulama Indonesia (MUI) Cinangka, Kabupaten Serang, Banten, Ahad (25/2/2024), itu, lanjut Mustofa, diharapkan menjadi momentum IPNU-IPPNU Cinangka lebih giat lagi ke depan.



"Lebih ngegas lagi dalam mendakwahkan ajaran Aswaja (Ahlussunnah wal Jama’ah) di kalangan pelajar sekolah atau di desa-desa supaya tradisi dan amaliah NU tidak hilang dan terkikis oleh zaman. IPNU-IPPNU harus jadi garda terdepan sebagai tonggak para pelajar," tegasnya.



Sekadar diketahui, kegiatan yang diikuti puluhan orang itu dimulai dengan pembacaan shalawat. Dilanjut dengan tausiah oleh Ketua MUI Cinangka KH Ansori Tamam. Hadir dalam kesempatan itu, di antaranya, Ketua IPPNU Cinangka Esa Qoriatun Naba, Ketua PAC Ansor Cinangka Bakri, perwakilan dari Muslimat NU Cinangka, serta para sesepuh dan tokoh ulama Kecamatan Cinangka.

 


Terpisah, Ketua Pimpinan Cabang (PC) IPNU Kabupaten Serang Fathurrahman Al Azis menyampaikan, IPNU berdiri sudah 70 tahun. Sudah banyak pergantian kepemimpinan yang dilalui.



"Berawal dari pendirian yang dilakukan oleh KH Tholhah Mansur. IPNU sudah melahirkan sejumlah tokoh besar Indonesia. Artinya IPNU memiliki sumbangsih yang sangat besar untuk bangsa ini," tuturnya dihubungi NUOB, Ahad (25/2/2025) malam.



IPNU Kabupaten Serang sudah bergerak mulai hal terkecil di tingkat ranting dan kecamatan. Sudah begitu masif dijalankan."Melalui momentum harlah ini, saya menyampaikan bahwa IPNU Kabupaten Serang selalu siap mengawal ideologi Aswaja untuk para pelajar. Kami juga sering mengadakan rutinan amaliah NU sebagai bentuk implementasi ideologi. Juga menumbuhkan dan membangkitkan semangat literasi para pelajar di desa, diskusi, hingga memberikan support untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi," pungkasnya. (Dendy Ramdan Ilahi)


Banten Raya Terbaru