• logo nu online
Home Banten Raya Ubudiyyah Warta Nasional Fragmen Keislaman Syariah Tauhid Tokoh Khutbah Sejarah Doa Opini Hikmah Pendidikan Islam Wisata Religi NU Preneur
Senin, 26 September 2022

Banten Raya

Pertama Kali Digelar, KOPRI PMII Kab Serang Adakan Sekolah Kader Kopri

Pertama Kali Digelar, KOPRI PMII Kab Serang Adakan Sekolah Kader Kopri
Perhelatan SKK KOPRI PMII yang digelar oleh PC KOPRI PMII. (Foto:Pewarta)
Perhelatan SKK KOPRI PMII yang digelar oleh PC KOPRI PMII. (Foto:Pewarta)

NU Online Banten, Kabupaten Serang
Pengurus Cabang Korps Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia Puteri (KOPRI) PMII Kabupaten Serang menggelar Sekolah Kader Kopri (SKK) Angkatan Pertama. Agenda pembukaan Sekolah Kader Kopri (SKK) Angkatan Pertama digelar di Gedung Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Provinsi Banten pada hari Kamis, (25/8/2022) lalu. 

 

Mengusung tajuk 'Rekontruksi Paradigma Perempuan pada Era 5.0' ini diikuti oleh 8 peserta dari berbagai wilayah di Provinsi Banten, seperti Kabupaten Serang, dan Kota Serang. Dan juga dibuka secara langsung oleh Ketua PB KOPRI Maya Muizatil Lutfillah hadir dalam pembukaan SKK Angkatan Pertama PC PMII Kabupaten Serang.

 

Agenda kaderisasi KOPRI ini dihelat di Gedung PCNU Kabupaten Serang Banten yang berlangsung selama tiga hari, sedari Kamis-Sabtu, (25-27/8/2022).

 

Dalam agenda ini,  perhelatan kaderisasi ini diisi oleh narasumber yang kompeten yang sesuai dengan profesinya. Salah satunya adalah Pemerhati Feminis Dewi Shinta. ia menyampaikan materi Analis Struktur Patriarki kepada seluruh peserta. 

 

Shinta mengatakan perempuan sangat rentan berada dikomunitas yang kasar. Selain itu juga, tanpa mengenal sopan santun dengan manusianya yang menderita delusi feminin yang umum. 

 

"Patriarki masih eksis hari ini, karena kita kurang berani," Kata Shinta. 

 

Shinta mengamati, sebagai perempuan terbebas dari aturan perilaku beradab menurut mereka dalam sistem sosial yang dinamakan Patriarki.

 

Sementara itu, Ketua KOPRI PMII Cabang Kabupaten Serang, Nia Nurmayati sangat mengapreasi gelaran SKK Angkatan Pertama ini, karena, selama KOPRI didirikan di Kabupaten Serang, baru kali ini bisa mengadakan SKK.

 

"Acara SKK ini jangan sampai berhenti sampai sini, semoga ada SKK selanjutnya," Kata Nia.

 

Nia mengungkap, sepanjang tujuh periode yang sudah menjabat menjadi Ketua KOPRI PMII Cabang Kabupaten Serang, namun belum pernah mengadakan SKK sekalipun.

 

"Karenanya dikepengurusan hari ini kita mengawalinya, takut di periode selanjutnya tidak ada yang mengadakan SKK, dan SKK hari ini sebagai motivasi buat pengurus kopri cabang selanjutnya," Ucap Nia Nurmayati 

 

Selanjutnya, Nia berpesan kepada para peserta SKK agar tetap aktif dan semangat menjalani kaderisasi di koprinya. SKK Angkatan Pertama ini, katanya, akan menjadi awal baru dan loncatan untuk kader KOPRI agar memperbaiki Kaderisasi di cabangnya masing-masing, terutama di Kabupaten Serang. 

 

"Karena banyak kader KOPRI yang sudah mengikuti kaderisasi SKK tapi minim sekali yang aktif. Harapannya, semoga mereka tetap aktif dan semangat lagi berkoprinya," tandas Nia.

 


Pewarta : Taufik Hidayat at-Tanari


Banten Raya Terbaru