Keislaman

Apa Boleh Zakat Digunakan untuk Bangun Masjid, Madrasah, dan Pesantren?

Ahad, 30 Juli 2023 | 17:34 WIB

Apa Boleh Zakat Digunakan untuk Bangun Masjid, Madrasah, dan Pesantren?

ilustrasi (NU Online)

Sebagai diketahui golongan penerima zakat terbagi menjadi delapan golongan. Orang fakir, orang miskin, petugas amil zakat, orang yang baru masuk Islam (mualaf), memerdekakan hamba sahaya, membebaskan orang yang berutang, berjuang meluhurkan agama Allah (fi sabilillah), dan orang yang sedang berada dalam perjalanan (ibnu sabil).

Ini sebagaimana dalam firman Allah:

 

إنما الصدقات للفقراء والمساكين والعاملين عليها والمؤلفة قلوبهم وفي الرقاب والغارمين وفي سبيل الله وابن السبيل فريضة من الله والله عليم حكيم

 

Artinya,“Sesungguhnya zakat itu hanyalah untuk orang fakir, orang miskin, petugas amil zakat, orang yang baru masuk Islam (mualaf), memerdekakan hamba sahaya, membebaskan orang yang berhutang, berjuang meluhurkan agama Allah (fi sabilillah), dan orang yang sedang berada dalam perjalanan (ibnu sabil) sebagai kewajiban dari Allah. Allah Maha Mengetahui, Maha Bijaksana.” (Qs At-Taubah ayat 60)

Lalu, bolehkah menggunakan hasil dari zakat untuk pendirian masjid, madrasah, pondok (asrama), karena itu semua termasuk ’’sabilillah’’ sebagaiman kutipan Imam al Qaffal?

Muktamar Nahdlatul Ulama Pertama di Surabaya, Jawa Timur, yang dilaksanakan 13 Rabiuts Tsani 1345/21 Oktober 1926, seperti dikutip dari Juz Awal Ahkamul Fuqaha fi Muqarrarat Mu’tamirat Nahdlatil Ulama, Kumpulan Masalah Diniyah dalam Muktamar Nahdlatul Ulama PBNU, Penerbit CV Toha Putra Semarang, menjawab, tidak boleh.

Sebab, yang dimaksud ’’sabilillah’’ ialah mereka yang berperang dalam sabilillah. Adapun kutipan Imam al Qaffal itu adalah dhaif (lemah). Rujukan diambil dari Kitab Rahmatul Ummah dan Tafsir al Munir Juz 1.

لايجوز ذلك لان المراد بسبيل الله هم الغزة في سبيل الله . واما مانقله القفال فضعيف قال في رحمة الامة ، واتفقوا على منع الاخراج لبناء مسجد او تكفين ميت اه ، وفى جزء الاول من تفسير المنير، ما نصه ونقل القفال عن بعض الفقهاء انهم اجازوا صرف الصدقات الى جميع وجوه الخير من تكفين الموتى وبناء الحصون وعمارة المسجد لان قوله تعالى فى سبيل الله عام فى الكل اه

 

Wallahu a’lam bis shawab