• logo nu online
Home Banten Raya Ubudiyyah Warta Nasional Fragmen Keislaman Syariah Tauhid Tokoh Khutbah Sejarah Doa Opini Hikmah Pendidikan Islam Wisata Religi NU Preneur
Senin, 15 Agustus 2022

Banten Raya

Rumah Moderasi Beragama SMH Banten Adakan Bedah Buku Salam Pancasila

Rumah Moderasi Beragama SMH Banten Adakan Bedah Buku Salam Pancasila
Ketua Rumah Moderasi Beragama Ali Muhtarom. (Foto:Pewarta)
Ketua Rumah Moderasi Beragama Ali Muhtarom. (Foto:Pewarta)

Kota Cilegon, NU Online Banten

Rumah Moderasi Beragama dan Pusat Pengembangan Bisnis UIN Sultan Maulana Hasanudin (SMH) Banten menggelar bedah buku 'Salam Pancasila sebagai Salam Kebangsaan; Memahami Pemikiran Kepala BPIP RI Prof Drs KH Yudian Wahyudi, MA, Ph.D'.

 

Agenda bedah buku ini dihelat atas kerjasama Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) dengan Pusat Pengembangan Bisnis UIN SMH Banten, di Hotel Aston Cilegon Boutique Hotel, pada Selasa (28/06/2022) siang.

 

Ketua panitia pelaksana, Dr Ali Muhtarom menyampaikan, Rumah Moderasi Beragama sebagai tuan rumah ini amat penting. Karena turut serta menyukseskan program strategis Rektor UIN SMH Banten dan Kementerian Agama Republik Indonesia.

 

Salam Pancasila, kata Ali Muhtarom, memiliki arti dalam penguatan dan pengembangan nilai-nilai Pancasila. Terutama untuk menjelaskan dan memberi pemahaman kepada masyarakat, perihal Pancasila yang tidak dipahami secara komprehensif.

 

Terlebih lagi, Ali Muhtarom menyoroti beberapa pihak mengenai pemberitaan BPIP soal penggantian salam dalam konotasi agama.

 

"Penggantian salam yang dimaksud Assalamu'alaikum dan diganti dengan Salam Pancasila, itu adalah tidak benar." Kata Ali Muhtarom. 

 

Ali Muhtarom menjelaskan, salam Pancasila utamanya adalah membangun nilai kebangsaan melalui Pancasila. "Internalisasi nilai-nilai keberagaman berhaluan pada Islam yang Wasathiyah yaitu moderat." Terang Ali Muhtarom

 

Pantauan NU Online Banten, agenda bedah buku ini turut dihadiri oleh Kepala BPIP Profesor Yudian, Pj Gubernur Banten Al Muktabar, Rektor UIN SMH Banten Profesor Wawan, Deputi Bidang Hubungan Antar Lembaga Sosialisasi, Komunikasi dan Jaringan Ir. Prakoso, Jajaran Pejabat Wakil Rektor, Dekan dan Direktur Pascasarjana UIN SMH Banten.

 

Selain itu, nampak Ketua MUI Banten, Ketua Rumah Moderasi Beragama, Perwakilan pengurus Nahdlatul Ulama, Muhammadiyah, Al-Khairiyah, Hakim Ad Hoc Tipikor Banten, Manajer Bisnis Development KFD Oka Surya Utama, Regional Bisnis Manajer Banten Maria Clara, Ketua ISNU Kota Serang, Jajaran Ormas di Banten, Ketua PMII Kota Serang dan seluruh jajaran Ormawa dan Mahasiswa. 

 

Pewarta : Taufik Hidayat at-Tanari


Banten Raya Terbaru