• logo nu online
Home Nasional Banten Raya Warta Keislaman Tokoh Khutbah Sejarah Opini Pesantren NU Preneur Ramadhan 2023
Jumat, 31 Mei 2024

Nasional

Menteri BUMN Dikukuhkan sebagai Ketua, Lakpesdam Diinginkan Jadi Bappenasnya PBNU

Menteri BUMN Dikukuhkan sebagai Ketua, Lakpesdam Diinginkan Jadi Bappenasnya PBNU
Dari kiri Ketum PBNU KH Yahya Cholil Staquf, Ketua Lakpesdam NU, Sekjen PBNU Gus Syaifullah Yusuf. (Foto: ist)
Dari kiri Ketum PBNU KH Yahya Cholil Staquf, Ketua Lakpesdam NU, Sekjen PBNU Gus Syaifullah Yusuf. (Foto: ist)

Tangerang Selatan, NU Online Banten

Nakhoda Lembaga Kajian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Nahdlatul Ulama (Lakpesdam NU) resmi berganti. Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir dikukuhkan sebagai ketua Lakpesdam NU masa khidmat 2022-2027.  Pengukuhan dilakukan oleh Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul ulama (PBNU) KH Yahya Cholil Staquf.



’’Selamat bertugas dan selamat menghadapi perhitungan Allah di Yaumul Hisab nanti," kata Gus Yahya—sapaan akrab KH Yahya Cholil Staquf-- dalam Pengukuhan dan Rapat Koordinasi Pengurus Lakpesdam PBNU di Gedung Danareksa, Jakarta, Senin (18/12/2023).



Seperti dikutip dari dari NU Online, Gus Yahya mengatakan, penunjukan Erick tersebut sebagai bagian dari upaya untuk membangun postur organisasi dalam konteks visi yang bertujuan untuk meningkatkan kinerja dan menghadapi tantangan besar di masa depan.

 


Dia mengakui bahwa pemilihan Erick sebagai ketua Lakpesdam merupakan langkah strategis untuk mencapai tujuan tersebut. Kepemimpinan Erick juga diyakini dapat membawa inovasi dan perubahan positif dalam mengembangkan kinerja organisasi, sejalan dengan visi yang diusung. "Oleh karena itu, saya meminta secara pribadi Pak Erick Thohir untuk menjadi ketua Lakpesdam ini," kata Gus Yahya.



Erick yang diberikan amanah tersebut menyatakan kesiapannya. Erick menekankan bahwa penerimaan amanah didasarkan pada kapabilitasnya. "Bukan karena saya ingin mencari jabatan atau menambah beban jabatan," ucap ketua umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia itu. 



Dia memahami bahwa di bawah nakhodanya, Gus Yahya ingin menjadikan Lakpesdam NU sebagai tempat untuk mengembangkan potensi organisasi yang sejalan dengan perubahan ekonomi, inovasi, dan aspek lainnya di dunia modern saat ini. "Ini sejalan dengan pikiran yang kita rasakan sama-sama hari ini. Mau di mana Indonesia ini? Dalam titik daripada geopolitik, geo-ekonomi dan hal-hal yang menjadi tantangan lainnya," kata pria kelahiran 30 Mei 1970 itu.


Saat pelantikan, hadir Wakil Ketua Umum PBNU Muhammad Said Husni, Sekretaris Jenderal (Sekjen) PBNU Gus Syaifullah Yusuf, Bendahara Umum PBNU Gudfan Arif, dan Ketua PBNU KH Ulil Abshar Abdalla. 



Sebelumnya saat mengumumkan penunjukkan Erick Thohir, Gus Yahya mengatakan bahwa Lakpesdam akan dicanangkan sebagai Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) di PBNU. "Saya ingin membangun Lakpesdam ini menjadi Bappenasnya PBNU. Pak Erick sudah bersedia,’’ ujarnya. (Nuriel SI)

 


Susunan Pengurus Lakpesdam PBNU 2022-2027  

Ketua: Erick Thohir

Wakil Ketua: Hasanuddin Ali

Wakil Ketua: Ahmad Basarah

Wakil Ketua: Ahmad Syauqillah  

Sekretaris: Ufi Ulfiah

Wakil Sekretaris: Muhammad Nurkhoiron 

Anggota:

Ismail Fajrie Alatas

Saidah Sakwan

Karuniana Dianta Arfiando Sebayang

A Maftuchan

Athiya Yumna

Mahmud Syaltout Syahidulhaqq

Septa Dinata

Husnul Qadim

Hesbul Bahar

Khoirul Rosyadi

Abi S Nugroho

A Dede Permana

Rumtini Ikhsan

Saifuddin Zuhri

M Najih Arromadloni

Lilik Purwandi


Nasional Terbaru