• logo nu online
Home Banten Raya Ubudiyyah Warta Nasional Fragmen Keislaman Syariah Tauhid Tokoh Khutbah Sejarah Doa Opini Hikmah Pendidikan Islam Wisata Religi NU Preneur
Senin, 15 Agustus 2022

Banten Raya

Ali Muhtarom: Salam Pancasila Harus Dipahami Komprehensif

Ali Muhtarom: Salam Pancasila Harus Dipahami Komprehensif
Ali Muhtarom saat diwawancarai awak media. (Foto:Pewarta)
Ali Muhtarom saat diwawancarai awak media. (Foto:Pewarta)

Kota Cilegon, NU Online Banten

Universitas Islam Negeru Sultan Maulana Hasanudin (SMH) Banten menyelenggarakan bedah buku 'Salam Pancasila Sebagai Salam Kebangsaan'. Dalam gelaran agenda tersebut, UIN SMH Banten bekerjasama dengan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Republik Indonesia dan P2B UIN SMH Banten. 

 

Bedah buku 'Salam Pancasila Sebagai Salam Kebangsaan' ini diselenggarakan di Aston Cilegon Boutique Hotel, pada Selasa (28/06/2022) Siang. 

 

Ketua Panitia Ali Muhtarom menyampaikan, agenda bedah buku Salam Pancasila merupakan agenda yang sangat penting untuk mengetahui substansi Pancasila. Salam Pancasila, sangatlah komprehensif yang memiliki arti dan pemahaman soal Pancasila. Terutama dalam menjelaskan substansi Pancasila kepada masyarakat.

 

Menurut Ali Muhtarom, selama ini tidak sedikit masyarakat yang kurang komprehensif dalam memahami dan memaknai Pancasila 

 

"Belum lama ini beredar di media masa soal BPIP memengganti Assalamu'alaikum dengan Salam Pancasila, jelas ini tidak benarkan." Kata Ali Muhtarom

 

Lebih lanjut, Ali Muhtarom menyampaikan, dalam memaknai Pancasila, masyarakat secara umum sudah memahami. Namun, dalam perkembangannya untuk memahami Pancasila kini kurang maksimal atau meredup. 

 

Sejatinya, kata Ali Muhtarom, dalam memahami dan memaknai penguatan Pancasila itu bisa diselenggarakan oleh lembaga apapun. Dengan catatan, lembaga tersebut mempunyai semangat persatuan dan tidak keluar dari nilai-nilai Pancasila. 

 

"Tantangan hari ini adalah terdapat reduksi dari adanya ideologi yang bertentangan sebagaimana dibahas dalam buku Salam Pancasila." Kata Ali Muhtarom

 

Memahami Pancasila Secara Komprehensif

Dikatakan Ali Muhtarom, adanya reduksi tersebut disebabkan masifnya gerakan yang bertentangan dengan nilai-nilai luhur Pancasila. Mengenai penguatan pemahaman dalam memaknai Pancasila sudah gamblang dibahas pada buku Salam Pancasila, itupun dipahami secara komprehensif akan mudah diterima. 

 

Dalam buku Salam Pancasila terdapat bangunan teologis, ketika ada orang yang ragu terhadap Pancasila dalam perspektif keimanan, saya kira itu tidak ada.

 

Menurut Ali Muhtarom dengan diselenggarakannya Sosialisasi Bedah Buku Salam Pancasila ini, bangunan teologis Pancasila sudah jelas yaitu persatuan. 

 

Mengingat spiritnya yaitu spirit kebersamaan yang membangun atas nama bangsa, oleh karenanya sosialisasi ini perlu ditingkatkan kembali, tidak hanya sampai disini. 

 

Harapannya, tambah Ali Muhtarom, kedepan melalui semua kanal platform di era yang serba cepat ini, generasi muda diharapkan mampu membantu sosialisasi nilai-nilai luhur Pancasila. 

 

Diketahui kegiatan ini dihadiri oleh 100 orang peserta dan itu hadir semua, mulai dari kalangan akademisi, aktivis dan seluruh pegiat Kebangsaan diantaranya ada perwakilan Nahdlatul Ulama, Muhammadiyah, Al-Khairiyah, Unsur Organisasi Kepemudaan, Organisasi Kemahasiswaan dan Tokoh Masyarakat.

 

Pewarta : Taufik Hidayat at-Tanari


Banten Raya Terbaru