• logo nu online
Home Nasional Banten Raya Warta Keislaman Tokoh Khutbah Sejarah Opini Pesantren NU Preneur Ramadhan 2023
Jumat, 1 Maret 2024

Opini

Ulama-Umara Majmuah untuk Kemaslahatan Umat

Ulama-Umara Majmuah untuk Kemaslahatan Umat
Ilustrasi. (NUO)
Ilustrasi. (NUO)

KEMASLAHATAN umat berada dalam tangan ulama dan umara (pemerintah). Maksudnya adalah suatu umat, masyarakat atau bangsa kelak menjadi baik apabila umara dan ulamanya baik, sebaliknya, suatu masyarakat atau bangsa, akan hancur apabila ulama dan umaranya rusak.

 


Ulama berasal dari bahasa Arab, asal kata dari alim, artinya orang yang berpengetahuan, ahli ilmu dan pandai cendikia. Sebagaimana dipahami, bahwa para ulama yang baik yang layak menjadi panutan umat yang baik (qudwah hasanah) merupakan pilar penting bagi tegak dan kokohnya kehidupan umat.

 


Sedangkan umara, asal kata bahasa Arab, bentuk jamak dari kata amir, artinya pemimpin, penguasa dan pelaksana kebijakan dalam rangka untuk kemaslahatan umat.



Sabda Nabi Muhammad saw yang diriwayatkan oleh Ibnu Abbas dan disebutkan oleh As Suyuthi dalam al Jamius sagir:

 

عن ابن عباس ، وقد ذكره السيوطي في الجامع الصغير بهذا اللفظ:  صنفان من الناس إذا صلحا صلح الناس وإذا فسدا فسد الناس: العلماء والأمراء.

 

 “Dua kelompok manusia apabila keduanya baik maka baiklah manusia, dan apabila keduanya rusak, maka rusaklah manusia.”

 


Dalam riwayat yang lain, Rasulullah saw menjelaskan bahwa ulama bertugas untuk mencerdaskan umat. Kalau ulama sudah tidak ada, maka umat akan ditimpa kebodohan.

 


Sedangkan umara adalah pemegang amanah dari Allah swt untuk mengurus kehidupan umat. Hidup matinya umat tergantung pada kebijakan dan keputusannya. Di tangannya pula ditegakkan hukum dan peraturan demi ketenteraman dan kesejahteraan.

 

Rasulullah saw bersabda :
 

قوام الدنيا بأربعة أشياء : علم العلماء , وعدل الأمراء , وسخاء الأغنياء , ودعاء الفقراء , فلولا علم العلماء لهلك الجاهلون , ولولا عدل الأمراء لأكل الناس بعضهم بعضاً , ولولا سخاء الأغنياء لهلك الفقراء , ولولا دعاء الفقراء لهلك الأغنياء .. فأيّ الفرقاء أهمّ بنظرك .؟



“Kokohnya kehidupan dunia dengan empat hal, yaitu: ilmunya ulama, keadilan para pemimpin (umara), kedermawanan orang-orang kaya, dan doanya orang-orang fakir. Maka seandainya tidak ada ilmunya ulama, sungguh rusaklah orang-orang yang bodoh; sekiranya tidak ada keadilan para pemimpin, sungguh sebagian manusia akan memakan sebagian manusia lainnya; dan sekiranya tidak ada kedermawanan orang-orang kaya, sungguh rusaklah orang-orang fakir; dan sekiranya tidak asa doanya orang-orang fakir, sungguh akan rusaklah orang-orang kaya………..’’

 


Semoga para ulama dan umara senantiasa diberikan keselamatan kesuksesan dijauhkan dari bahaya kefasikan dan mengarahkannya pada kebaikan, tetap istikamah berkhidmat untuk kebahagiaan dunia dan akhirat


 

رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

 

Artinya: "Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, dan lindungilah kami dari adzab neraka."

 


Endun Musythori, Sekjen 2 FKPAI Kab Serang


Opini Terbaru